Home / Jabodetabek

Senin, 16 September 2024 - 19:38 WIB

Perayaan ulang tahun ke-56 Y.M. Bhante Khanit Sannano Mahathera dan Y.M. Bhante Srivisarn Mitgnam Mahathera

Mediapers.com, 15 September 2024 – Vihara Hemadhiro Mettavati di Jakarta Barat merayakan momen istimewa hari ini dengan perayaan ulang tahun ke-56 Y.M. Bhante Khanit Sannano Mahathera dan Y.M. Bhante Srivisarn Mitgnam Mahathera. Acara yang penuh makna ini dihadiri oleh ribuan umat Buddha serta lebih dari 65 bhikkhu dari berbagai mazhab, termasuk Y.M. Bhikkhu Andhanavira Mahasthavira (Suhu Aan), Y.M. Bhikkhu Kusala Sasana Mahasthavira, Y.M. Bhikkhu Sakchai Thuwasako Mahathera, dan Y.M. Bhante Kamsai Sumano Mahathera

Selain para bhikkhu, acara ini juga Dihadiri dari jajaran Direktorat Jenderal Bimas Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia, di antaranya Drs. Supriyadi, M.Pd. selaku Dirjen Bimas Buddha, Nyoman Suriadarma, S.Pd., M.Pd., M.Pd.B. selaku Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Dr. Triroso, S.Ag., S.Pd., M.M. selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, dan Suliarna, S.Ag., M.Pd. Pembimbing pada Pembimbing Masyarakat Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Suhu Aan menyampaikan, “Hari ini merupakan hari yang berbahagia bagi kita semua, hari ini merupakan hari ulang tahun ke-56 Bhante kita, Bhante Khanit sannano dan Bhante Srivisarn, pada hari ini kita berbagia karena telah hadir seorang maha bodhisatva, katanya bhante khanit bertekad selama-lamanya mendampingi umat. kita doakan semoga beliau selalu bersama kita semua, selalu bersama buddha dharma dan sangha omitofo”

Y.M. Bhante Kamsai Sumano Mahathera juga memberikan pernyataan mendalam. “bhante mewakili sangha mendoakan sangha juga, sebagai keluarga.singkat semoga Y.M. Bhante Khanit dan Y.M. Bhante Srivisarn menjadi sahabat sejati kita, dan suka dan duka selama ada ditanah air di indonesia, sesama tugas dharmaduta dan juga sesama satu sekolah dharma duta, hari ini kita tidak yangka kita datang naik pesawat cuma satu persatu, tapi hari ini bhante khanit dan bhante srivisarn dibuktikan bahwa kita tidak bawa apa apa dari thailand, tidak bawa saudara sedikitpun. ternyata hari ini saudara beliau lebih banyak saudara daripada saudara di thailand. maka ini buktikan bahwa saudara sedharma dimanapun kita berada, bhante sangat senang dan bergembira antara sangha semua banyak mendoakan beliau, maka hari ini dirasakan sangat berbahagia yang luar biasa, bukan makanan yang kita lihat, tapi bahagia hati di umatnya, jadi kalau bukan beliau, belum pernah ada mazhab sepanjang gang disini, karena apa? karena mereka sedang datang untuk melancarkan,mensukseskan dan semangat tugas beliau” Ujar Y.M. Bhante Kamsai

Baca Juga   Diskusi Betawi di Harlah ke-38 Pesantren Asshiddiqiyah

Sementara itu, Y.M. Bhante Kantasilo selaku Ketua Umum Sangha Dhamma Duta Indonesia “Semoga dihari ulang tahun Beliau ini, beliau senantiasa diberikan kesehatan, panjang umur, kebahagian serta semangat dalam membimbing kita, murid-murid, umat-umat sekalian untuk perkembangan buddha dharma di indonesia pada khususnya”

Drs. Supriyadi mewakili Direktorat Jenderal Bimas Buddha juga mengungkapkan “Hari ini secara khusus kami hadir lengkap dari ditjen bimas buddha, tentu kita bersyukur bisa berada ditempat yang berbahagia ini, guru kita sedang memperingati hari kelahiran beliau yang tentu menjadi hari berkelanjutan buat beliau.

Baca Juga   Danramil 04/CK Silahturahmi Ke Vihara Hemadhiro Mettavati

kami dari bimas buddha khususnya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada bhante khanit dan juga bhante srivisarn, semoga terus sehat dan panjang usia untuk terus menginspirasi bagi kita sekalian. maka maaf saya katakan inspirasi, karena beliau dapat menyalurkan energi positif, yang bisa membangun sebab kebersamaan dan kerukunan sebagai satu kewajiban kita bersama. bukti hari ini banyak hadir para anggota sangha, yang turut memberikan perhatian dan turut memberikan ucapan kebahagian buat bhante khanit dan bhante srivisarn.

kalau kita semua bisa menjadi inspirator yang positif bagi diri kita dan bagi orang lain, maka tentu kebahagiaan kerukunan akan terus terjaga. mari jadikan inspirasi beliau, sebagai inspirator yang positif dan kita jadikan diri kita menjadi inspirator positif juga. semoga kita rukun bahagia damai untuk umat buddha indonesia”

Acara diakhiri dengan pertunjukan seni dari anak-anak sekolah minggu Vihara Hemadhiro Mettavati, menyanyikan lagu ulang tahun, makan bersama, ramah tamah, dan permohonan maaf murid kepada guru. Perayaan ini bukan hanya merayakan usia ke-56 Bhante Khanit dan Bhante Srivisarn, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan semangat di kalangan umat Buddha di Indonesia. (red)

Share :

Baca Juga

Jabodetabek

Pabrik Pemilahan Sampah di Tangsel Sudah Lama di Tolak Warga Namun Tetap Aja Berjalan

Jabodetabek

Bimbel Koguredu Kembali Bagikan 150 Nasi Kotak untuk Berbuka Puasa

Jabodetabek

Media Online dan Cetak Komunitastodays.co Berbagi Nasi Kotak Buka Puasa

Jabodetabek

Ketum Ikatan Pemuda Indonesia Edward Nainggolan, Msc Dukung Rosdiana Memperoleh Haknya

Jabodetabek

Mancing Mania Bareng H. Beceng dan Erwin Aksa di Kalideres, Jakbar

Jabodetabek

Ratusan WBP Nasrani Rayakan Misa Malam Natal Bersama Keluarga Besar Rutan Kelas I Jakarta Pusat
Dana PMI Jakarta Barat Digelontorkan untuk Penanggulangan Bencana

Jabodetabek

Dana PMI Jakarta Barat Digelontorkan untuk Penanggulangan Bencana
SPBU Ini Beri Layanan Uji Emisi Gratis

Jabodetabek

SPBU Ini Beri Layanan Uji Emisi Gratis